300x250 AD TOP

Minggu, 29 September 2019

Tagged under:

Doa Untuk Keutuhan Rumah Tangga

ONE DAY ONE DOA

Ahad,   29  September 2019 M / 29 Muharam  1441 H

Oleh : Dr. Ajang Kusmana
(Tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur)

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا رَزَقْتَنِي

ALLOHUMMAGHFIRLI ZANBI WA WASSI’LI FI DARI WA BARIKLI FIMA ROZAQTANI
”Ya Allah, ampuni dosa saya, berilah saya rasa kelapangan di rumah saya sendiri, dan berkatilah rezeki saya.”
Doa ini bersumber dari hadis riwayat Imam Tirmizi dari Abu Hurairah, dia berkata;

أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ سَمِعْتُ دُعَاءَكَ اللَّيْلَةَ، فَكَانَ الَّذِي وَصَلَ إِلَيَّ مِنْهُ أَنَّكَ تَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا رَزَقْتَنِي قَالَ: فَهَلْ تَرَاهُنَّ تَرَكْنَ شَيْئًا

“Sesungguhnya ada seseorang berkata kepada Rasulullah saw; Wahai Rasulullah, saya mendengar doamu tadi malam, maka doa yang sampai kepadaku adalah engkau mengucapkan, ‘ALLOHUMMAGHFIRLII DZANBII WA WASSI’LII FII DARII WA BARIKLII FIIMAA ROZAQTANII.’

Kelapangan di rumah itu bukan berarti rumah kita harus luas. Luasnya rumah tidak menjamin kebahagian dan ketentraman rumah tangga. Oleh karena itu, keluasan di sini bermakna ketentraman, istri shalihah atau suami shaleh, anak pun demikian. Walaupun rumah sempit, tapi kalau hati kita tenang, rumah itu terasa begitu luas.
Doa memperlancar usaha dan kerja keras untuk mendapatkan kebahagiaan dalam rumah tangga. Karena dengan doa saja tak cukup untuk mencapai rumah tangga bahagia. Berikut beberapa usaha yang perlu dilakukan untuk mengawetkan rumahtangga bahagia
1.Pahami Kekurangan
Pasangan baru harus lebih menerima kekurangan masing-masing. Misalnya, dalam pekerjaan posisi dan kedudukan belum mapan di usia ini bahu membahulah, dengan idzinNya akan didapatkan rezeki dari jalan yang tidak terduga.
2. Keteladanan
Ayah atau Ibu menjadi patron dalam kehidupan keluarga. Kurangi kata-kata dan perintah, perbanyaklah tindakan dan contoh.

3.Komunikasi Lancar
Saat menghadapi masalah apapun, pasangan harus bisa menjadi solusi. Istri harus berperan sebagi air kehidupan, dan sebaliknya. Kuncinya, lakukan komunikasi positif secara intens dan terbuka.
4. Nafkah Batin
Nafkah batin merupakan kebutuhan dasar selain nafkah lahir. Saling memenuhi kebutuhan tersebut merupakan pilihan terbaik untuk merawat kelanggengan rumah tangga.
5.Saling Menguatkan
Pasangan adalah supporter utama dalam hidup. Tak perlu curhat kepada orang lain, tapi cukup kepada pasangan sehingga saling menguatkan.
6.Tujuan Pernikahan
Ingat selalu tujuan bersama dari pernikahan Anda. Maka, hadapi segala masalah dan tantangan dalam hidup dengan pandangan yang positif. Dan, jangan lupakan konsekuensi atas apa yang telah disepakati bersama.
7. Selain dao tersebut iringi juga dengan teks doa  berikut

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

(QS. Al-Furqon: 74)

0 komentar:

Posting Komentar